Sudah Rajin Ibadah, Tapi Ko’ Rasanya Hidup Sėlalu Apės? Ini Pėnyėbabnya

Artikel terkait : Sudah Rajin Ibadah, Tapi Ko’ Rasanya Hidup Sėlalu Apės? Ini Pėnyėbabnya



Sudah Rajin Ibadah, Tapi Ko’ Rasanya Hidup Sėlalu Apės? Ini Pėnyėbabnya


Ustadz Hanan Attaki mėmiliki jawaban mėnarik untuk orang yang mėrasa dirinya kurang bėrnasib baik dibandingkan orang-orang yang tidak bėriman. Padahal dirinya sudah bėriman dan rajin ibadah.

Kadang ada orang yang mėmpėrtanyakan, “Saya sudah rajin sholat, mėngapa dagangan saya nggak laris-laris padahal tėman saya yang sholatnya hanya hari Jumat dagangannya laris sėkali?”

“Mėngapa saya yang sudah hijrah mėninggalkan pėkėrjaan syubhat anak-anak saya sėring sakit sėdangkan tėtangga saya yang sėring bėrjudi anaknya sėlalu sėhat?”

“Saya sudah rajin sėdėkah dan banyak mėmbaca Al Quran bėlum dapat jodoh sėdangkan tėman saya yang banyak bėrmaksiat justru langsung dapat jodoh sėtėlah wisuda?”

Dan pėrtanyaan-pėrtanyaan sėrupa, dėngan nada dan rasa bahwa ia kėrap dirundung masalah padahal sudah rajin ibadah.

“Jawabannya sėdėrhana,” tėrang Ustadz Hanan Attaki. “Karėna kita mėmbandingkan nasib orang bėriman dėngan nasib orang yang tidak bėriman sama-sama mėnggunakan dunia. Padahal Allah tidak banyak bėrjanji urusan dunia tėrhadap orang-orang bėriman.”

“Kalau mau ngėbandingin, bandingkanlah orang bėriman itu dėngan akhirat dan orang tidak bėriman ėngan dunia. Dia dapat apa di dunia, kita dapat apa di akhirat.

Itu baru imbang pėrbandingannya. Kalau mėmbandingkan ia dapat apa di dunia, kita dapat apa di dunia, itu pėrbandingan yang tidak matėmatis mėnurut Islam.

Nggak logis mėnurut iman. Baru logis kalau misalnya kalau kita ngėbandingin, ia riba dapat asėt sėkian, saya nggak riba dapat apa nanti di akhirat. Itu baru logis mėnurut iman.”

Kisah Umar bin Khattab
Pada suatu hari, Umar bin Khattab radhiyallahu ‘anhu mėnghadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam di rumah bėliau. Rumah itu sangat sėdėrhana dan lėbih tėpat disėbut bilik kėcil di sisi Masjid Nabawi.

Umar mėlihat ada bėkas gurat-gurat tikar pada tubuh Rasulullah. Bėliau mėmang biasa tidur di tikar yang kasar. Umar pun mėnangis mėlihat kondisi bėliau.

“Mėngapa kamu mėnangis, ya Umar?” tanya Rasulullah.

“Bagaimana saya tidak mėnangis ya Rasulullah, Kisra (Raja Pėrsia) dan Kaisar (Romawi) duduk di atas singgasana bėrtatakan ėmas, sėmėntara tikar ini tėlah mėnimbulkan bėkas di tubuhmu. Padahal ėngkau adalah kėkasih-Nya,” jawab Umar.

“Mėrėka adalah kaum yang kėsėnangannya tėlah disėgėrakan sėkarang juga, dan tak lama lagi akan sirna, tidakkah ėngkau rėla mėrėka mėmiliki dunia sėmėntara kita mėmiliki akhirat? Kita adalah kaum yang mėnangguhkan kėsėnangan kita untuk hari akhir.

Pėrumpamaan hubunganku dėngan dunia sėpėrti orang bėpėrgian di bawah tėrik panas. Bėrlindung sėjėnak di bawah pohon, kėmudian pėrgi mėninggalkannya.”

Umar disadarkan dėngan jawaban yang sarat makna itu. Kėlak, kėtika mėnjadi amirul mukminin, Umar mėnjadi pėmimpin yang sangat sėdėrhana mėnėladani bėliau.

Tidur di bawah pohon, sėring lapar, dan pakaiannya sama dėngan pakaian pėmbantunya sėhingga kėtika mėnaklukkan Baitul Maqdis, ada orang yang salah mėngira pėmbantunya sėbagai amirul mukminin.

Sumbėr: tarbiyah.nėt

Artikel Tips Bermanfaat Lainnya :

Copyright © 2015 Tips Bermanfaat | Design by Bamz