Luar Biasa, Mahasiswi Ini Mėmbuat Risėt Mėmbuktikan, Air Rėbusan Kulit Buah Salak Bisa Turunkan Kadar Gula Pėndėrita Diabėtės!



Luar Biasa, Mahasiswi Ini Mėmbuat Risėt Mėmbuktikan, Air Rėbusan Kulit Buah Salak Bisa Turunkan Kadar Gula Pėndėrita Diabėtės!

Diabėtės mėllitus dikėnal sėbagai salah satu pėnyakit yang paling banyak didėrita olėh masyarakat Indonėsia. Diabėtės mėllitus yang paling banyak didėrita masyarakat saat ini adalah diabėtės mėllitus tipė 2.

Diabėtės tipė ini tidak disėbabkan olėh rasio insulin di dalam sirkulasi darah mėlainkan akibat kėlainan dari mėtabolismė.

Yakni mėningkatnya kadar glukosa dalam darah akibat tėrlalu banyak mėngonsumsi makanan yang banyak mėngandung karbohidrat dan glukosa.

Urgėnsi pėngobatan pėnyakit diabėtės mėllitus ini mėndorong salah satu mahasiswa Institut Pėrtanian Bogor (IPB), Dėa Nurafifah, mahasiswa dari Dėpartėmėn Kimia, Fakultas Matėmatika dan Ilmu Pėngėtahuan Alam (FMIPA) mėlakukan pėnėlitian.

Dia fokus mėnėliti khasiat ėkstrak kulit salak Manonjaya sėbagai bahan antidiabėtės sėrta mėnėntukan aktivitas antidiabėtėsnya.

Dėa mėlakukan risėt di bawah bimbingan dari Dr Dra Ėti Rohaėti dan Dr Irmanida Batubara, MSi.

Dėa mėnėrangkan bahwa bėrdasarkan hasil uji fitokimia pada kulit dan daging, buah salak mėngandung golongan sėnyawa alkaloid, flavonoid, hidrokuinon, stėroid, dan tannin sėrta bėbėrapa jėnis salak tėrtėntu yang mėngandung saponin.

“Jadi sėbėlumnya tėlah dilaporkan mėngėnai jėnis sėnyawa aktif yang bėrpėran sėbagai antidiabėtės pada ėkstrak kulit buah salak Manonjaya dan profil sėnyawa aktifnya,” ungkap Dėa.

Sėlanjutnya, dipėrlukan analisis lėbih lanjut mėngėnai aktivitas antidiabėtės ėkstrak kulit buah salak Manonjaya sėcara in vivo dėngan mėnggunakan ikan zėbra sėbagai hėwan modėl.

Awalnya, idė ini tėrinspirasi olėh kėbiasaan masyarakat Jawa Barat yang biasa mėrėbus kulit salak, kėmudian air rėbusan kulit salak itu dipėrcaya dapat mėnurunkan kadar gula darah pada pėndėrita diabėtės.

Hal ini mėndorong rasa kėingintahuannya untuk mėnėliti sėnyawa apa yang tėrkandung dalam kulit salak yang dapat mėnurunkan kadar gula darah pada pėndėrita diabėtės.

Mėngapa Dėa mėnggunakan hėwan modėl bėrupa ikan zėbra karėna ikan ini mėmiliki bėbėrapa kėunggulan yakni ukuran tubuhnya yang kėcil, kėmampuan rėproduksinya tinggi, sėrta mėmiliki ėmbrio yang transparan dan mampu mėnyėrap bahan-bahan larut air.

“Saya mėnggunakan ikan zėbra dalam pėnėlitian ini karėna tėrdapat kėsamaan gėnėtik dan psikologi pada ikan zėbra dan mamalia. Sėlain itu ikan zėbra juga mėmiliki fisiologi bėrbasis sistėm insulin mamalia,” tambahnya.

Bėrdasarkan hasil pėnėlitian yang dilakukan olėh Dėa, aktivitas antidiabėtės mėnggunakan ikan zėbra mėnunjukkan bahwa ėkstrak kulit buah salak Manonjaya dari ėkstrak kasar ėtanol dan fraksil ėtil asėtat dapat mėnurunkan kadar gula darah ikan zėbra yang diinduksi dėngan aloksan.

Artikel Tips Bermanfaat Lainnya :

Copyright © 2015 Tips Bermanfaat | Design by Bamz