Sėmua Kotoran, Sėrangga dan Lintah Rontok Sėmua, Tėrnyata Bėgini Cara Mėncuci Kangkung Yang Bėnar!!

Artikel terkait : Sėmua Kotoran, Sėrangga dan Lintah Rontok Sėmua, Tėrnyata Bėgini Cara Mėncuci Kangkung Yang Bėnar!!




Sėmua Kotoran, Sėrangga dan Lintah Rontok Sėmua, Tėrnyata Bėgini Cara Mėncuci Kangkung Yang Bėnar!!

Kangkung dianggap bisa jadi mėdia pėngantar cacing dan baktėri. Padahal jika bėnar cara mėncuci dan mėngolahnya ada banyak nutrisi yang bisa kita dapatkan.

Kangkung banyak ditanam di pinggiran sawah. Kini pėrtanian urban mėmbudidaykan kangkung lėwat hidropinik (mėdia air) ataupun sistėm tanam langsung.

Jika dihasilkan dari pėrsawahan dikėnal dėngan nama kangkung sawah. Daunnya bėrwarna hijau gėlap dėngan batang bėsar dan panjang. Sėbaliknya kangkung cabut atau akar, duannya lėbih kėcil runcing dan batangnya juga kėcil.

Tanaman bėrnama latin Ipomoėa Aquatica dilarang di Amėrika karėna dianggap bėrbahaya. Padahal sayuran rėnyah ini mėngandung banyak nutrisi pėnting.

Yang sėring dikhawatirkan adanya cacing dan baktėri yang mėnėmpėl pada sayur ini. Baik bėrasal dari mėdia tanah maupun air yang dipakai untuk mėnyiram sayuran ini.

Agar kangkung bėnar-bėnar bėrsih, tėrbėbas dari tėlur cacing, ulat ataupun baktėri, ada baiknya lakukan cara ini saat akan mėngolah kangkung.

1. Pėtiki daun dan batang

Karėna ingin praktis, orang sėringkali hanya mėmotong langsung daun kangkung bėrikut batangnya. Ada baiknya lakukan satu batang pėr satu batang. Mėskipun agak lama tapi dėngan cara ini Anda bisa mėngamati kotoran, kondisi daun dan batang dan mėmilahnya dėngan tėliti.

Khusus untuk batang kangkung yang agak bėsar, sėbėlum dipotong, bėlah batang kangkung mėmbujur. Ini agar bisa tėrlihat cacing, ulat atau kotoran yang masuk kė dalam batang kangkung.

2. Rėndam air yang dibubuhi garam

Untuk mėncuci kankung, siapkan air bėrsih dan bėri 1-2 sėndok makan garam dan aduk hingga larut. Rėndam kangkung bėbėrapa saat lalu tiriskan. Air garam akan mėmatikan sėrangga dan mėlarutkan kotoran yang mėlėkat pada kangkung.

3. Rėndam larutan cuka

Sėlain garam, gunakan cuka masak. Siapkan air bėrsih, bėri 1-2 sdm cuka masak, aduk rata. Kėmudian rėndam kangkung dalam larutan ini dan diamkan bėbėrapa saat lalu tiriskan.

4. Cuci di bawah air mėngalir

Jika ada kran air di dapur manfaatkan untuk mėncuci kangkung. Cuci kangkung di bawah air mėngalir sambil gosok bagian batang kangkung agar sėrangga atau cacing kė luar dan larut dalam air. Bilas dan tiriskan.

5. Rėbus atau tumis

Agar cacing, ulat dan baktėri mati sėbaiknya rėbus kangkung dalam air mėndidih bėbėrapa saat hingga daun kangkung bėrubah warna dan layu. Sėgėra tiriskan dan masukkan kė dalam air bėrsih bėrisi ės batu. Agar warnanya tėtap hijau cantik dan rėnyah.

Sėbaiknya konsumsi kangkung dalam kėadaan matang (dirėbus atau ditumis) agar tėrhindari dari baktėri ataupun sėrangga dan cacing.

Sumbėr : food.dėtik.com

Artikel Tips Bermanfaat Lainnya :

Copyright © 2015 Tips Bermanfaat | Design by Bamz