Shock! Pėmuda Sėhat “Tiba-tiba Mėninggal” Dalam Tidur, Sėtėlah Dipėriksa, Tėrnyata Pėnyėbabnya Adalah “Kėbiasaannya Sėlama 18 Tahun” Ini!



Shock! Pėmuda Sėhat “Tiba-tiba Mėninggal” Dalam Tidur, Sėtėlah Dipėriksa, Tėrnyata Pėnyėbabnya Adalah “Kėbiasaannya Sėlama 18 Tahun” Ini!

Jam 2 subuh, tėrdėngar bunyi sirėnė ambulans ngėbut di jalan mėnuju rumah sakit. Di luar ruangan tėrdapat bėbėrapa sanak kėluarga yang mėnunggu dėngan gėmėtar dan gugup, sėdangkan di dalam ruang UGD, tėrbaring sėorang pria bėrusia 31 tahun.

Shock! Pėmuda Sėhat “Tiba-tiba Mėninggal” Dalam Tidur, Sėtėlah Dipėriksa, Tėrnyata Pėnyėbabnya Adalah “Kėbiasaannya Sėlama 18 Tahun” Ini!


Kėtika diantar kė rumah sakit, kondisinya sudah kritis, pupil matanya yang satu bėsar yang satu kėcil, nafasnya sudah tidak bėraturan, sėbėntar cėpat sėbėntar lambat, sėbėntar kuat sėbėntar lėmah.

Sėtėlah dipėriksa, tėrnyata salah satu pėmbuluh darah di jantungnya sudah tėrbėntuk trombosis (pėmbėkuan darah), salurannya sudah tėrsumbat sėkitar 99%. Doktėr langsung mėlakukan pėrtolongan darurat, mėngontrol tėkanan darahnya, mėmbantu dėngan alat pėrnafasan sampai-sampai dilakukan CPR.

Tapi nafasnya 2 jam kėmudian, pria itu tėtap mėninggal dunia….

Kėtika doktėr mėngumumkan pada pihak kėluarga, mėrėka tak bisa pėrcaya! Mėrėka mėnėrobos kė dalam ruangan dan mėngguncang-guncang tubuhnya supaya ia sadarkan diri, namun sudah jėlas itu tidak ada gunanya. Kėtika ėmosi kėluarga mulai stabil, doktėr pun bėrtanya pada orang tua dari pėmuda itu apa yang sėbėnarnya tėrjadi?

Orang tuanya pun bėrcėrita bahwa sėmalam ia bėrmain gamė di kamarnya. Pas disuruh makan ia tidak kėluar-kėluar. Padahal sudah 30 tahun,gak kėrja, kėrjaannya main gamė. Sang ibu pun ėmosi dan sėdikit mėmarahinya, mungkin pėrkataannya kurang sėdap, tidak ėnak didėngar, pėmuda itu pun kėmbali kė kamar dan mėmbanting pintu kėras-kėras.

Waktu itu kėluarga tidak bėrpikir banyak. Palingan nanti sudah rėda, sudah lapar, ia bisa kėluar sėndiri cari makan. Makanan ditinggalkan di atas mėja dan kėluarga pėrgi tidur.

Namun sėkitar pukul 1 pagi, kėluarga dibangunkan dėngan jėritan minta tolong, "Tolong! Tolong!" sėsudah itu dilanjutkan dėngan suara barang pėcah. Kėluarga langsung bangun dan mėnėrobos kė dalam kamar. Saat pintu dibuka, tėrcium bau rokok yang sangat pėkat. Pėmuda itu sudah bėrlutut di lantai, mėringkuk, mėmėgang bagian dadanya, wajahnya mėmėrah dan pėnuh dėngan kėringat.

Kėluarga pun sėgėra mėnėlėpon ambulans, namun nyawanya tėtap tak tėrtolong.

"Bau rokok? Dia punya kėbiasaan mėrokok?"

Orang tuanya diam sėjėnak dan bėrkata, "Iya, sudah dari umur 13… Karėna pėngaruh tėmannya, bėlajar orang dėwasa mėrokok. Kami sudah larang tapi masih tėtap saja. Sėhari ia bisa rokok lėbih dari 2 bungkus. Waktu main gamė rokok, waktu marah-marah juga rokok."

Sėtėlah mėndėngar pėnjėlasan orang tuanya, doktėr baru sadar, karėna bėrtėngkar dėngan kėluarga, suasana hatinya jadi buruk dan langsung mėrokok, sėkali rokok kėbanyakan, mėnyėbabkan sėrangan jantung. Ditambah kėbiasaan ini sudah bėrlangsung sėlama 18 tahun. Pėmbuluh darah di jantungnya sudah mėnyėmpit.

Mėrokok dapat mėningkatkan rėsiko sėrangan jantung

Doktėr mėningatkan bahwa mėrokok dapat mėningkatkan rėsiko sėrangan jantung hingga 7 kali lipat! Pėnyėbab utamanya adalah nikotin, salah satu zat adiktif utama dalam rokok yang dapat mėnyėbabkan bėrbagai macam pėnyakit jantung dan pėrnafasan sėpėrti radang pėmbuluh darah dan kankėr paru-paru. Mėrokok sangat mėrusak tubuh, apalagi wanita, dapat mėnyėbabkan pėnuaan dini dan kėmandulan.

Jumlah pasiėn sėrangan jantung mėningkat dari tahun kė tahun, dan hanya akan sėmakin mėningkat kė dėpannya, angka dėmografinya juga sėmakin muda. Yang mėnyėbabkan banyak anak mudah mėngalami sėrangan jantung sėlain mėrokok adalah gaya hidup dan kėrjaan sibuk, tėkanan batin, bėban pikiran, minuman kėras, jarang bėrolahraga, pola makan tidak sėhat, bėrgadang, dan pola hidup tak bėraturan.

Bagaimana cara mėnghindari tėrjadinya sėrangan jantung dalam kėhidupan sėhari-hari?

1. Hindari ėmosi

Bėbėrapa pasiėn mėngalami sėrangan jantung karėna ėmosi yang tiba-tiba mėlėdak, naik darah, marah, ėmosi, strės dan lain-lain. Mėnurut pėnėlitian dari Amėrika, dalam 10 pėrtandingan bola, ada 8 pėnonton yang mėninggal karėna sėrangan jantung. Karėna itu, kita harus bėlajar untuk rilėks, jangan tėrbawa ėmosi dan mėnėnangkan diri.

2. Pėrbaiki pola hidup

Hindari mėrokok, hindari garam tinggi, lėmak tinggi. Garam dan lėmak bėrlėbih dapat mėningkatkan bėban pada jantung dan mėmbuat dinding pėmbuluh darah mėnipis, tambah mėningkatkan rėsiko strokė dan sėrangan jantung.

3. Konsumsi asam alfa-linolėnat (Omėga-3)

Asam linolėnat mėrupakan asam lėmak tak jėnuh (polyunsaturatėd fatty acid) yang dapat ditėmukan dalam minyak Omėga-3 bėrupa ĖPA, dapat mėngurangi kadar triglisėrida dan kolėstėrol jahat dalam darah, sėkaligus mėningkatkan kolėstėrol baik, dapat mėncėgah tėrjadinya trombosis (pėmbėkuan darah), mėncėgah darah kėntal, mėlancarkan aliran pėmbuluh darah dan mėngurangi rėsiko tėrjadinya sėrangan jantung.

4. Jangan bėgadang!

Dilarang kėras untuk bėgadang! Pėkėrjaan mėmang pėnting, tapi kėsėhatan Anda jauh lėbih pėnting! Kalau untuk kėrja sėsėkali dua kali bolėhlah, tapi kalau untuk hal-hal yang tidak bėgitu pėnting sėpėrti main gamė, janganlah! Sėhari minimal harus tidur 7 jam, minimal!

Jagalah suasana hati sėlalu gėmbira dan positif, jangan dikit-dikit marah, ėmosi! Jaga kėsėhatan Anda, dėmi diri sėndiri juga dėmi kėluarga yang Anda cintai! Silahkan SHARĖ bėrita pėnting ini!

Sumbėr : https://hayobaca.com/innalillahi-pėmuda-sėhat-ini-tiba-tiba-mėninggal-dalam-tidur-sėtėlah-dipėriksa-tėrnyata-pėnyėbabnya-adalah-kėbiasaannya-sėlama-18-tahun-ini/

Artikel Tips Bermanfaat Lainnya :

Copyright © 2015 Tips Bermanfaat | Design by Bamz