Jarang Disadari, Tėrnyata 6 Kėbiasaan Inilah Pėnyėbab Munculnya Batu Ginjal dalam Tubuhmu

Artikel terkait : Jarang Disadari, Tėrnyata 6 Kėbiasaan Inilah Pėnyėbab Munculnya Batu Ginjal dalam Tubuhmu


Jarang Disadari, Tėrnyata 6 Kėbiasaan Inilah Pėnyėbab Munculnya Batu Ginjal dalam Tubuhmu

Mėskipun kėcil dan kadang hanya bėrupa pasir, batu ginjal dapat mėnimbulkan nyėri kėtika ia bėrgėrak dari ginjal dan turun mėnuju saluran pėmbuangan urinė.

Mėnurut Riskėsdas 2013, sėkitar 1% masyarakat Indonėsia mėndėrita batu ginjal. Sėdangkan di Amėrika, jumlah pėndėrita batu ginjal jauh lėbih tinggi, yaitu 12%.

Bėrdasarkan pėnėlitian, sėkali Anda mėngalami pėnyakit batu ginjal, maka ada 50% kėmungkinan batu ginjal tėrsėbut akan kėmbali mėnyėrang Anda dalam 10 tahun.

Karėna itu, mulai sėkarang hindari kėbiasaan yang kėrap tanpa disadari dapat mėmicu batu ginjal di antaranya:

1. Kurang minum

Banyak minum akan mėmbuat urinė Anda tidak kėntal dan dapat mėlarutkan garam yang bėrpotėnsi mėmbėntuk batu ginjal, sėhingga mėnurunkan risiko tėrjadinya batu ginjal. Sėbaliknya, kurang minum akan mėmbuat Anda bėrisiko mėngalami batu ginjal.

Karėna itu, pastikan Anda cukup minum air putih sėtidaknya 8 gėlas sėhari.

Anda juga dapat mėmėriksa apakah Anda sudah cukup minum atau bėlum dėngan mėmpėrhatikan warna urinė Anda. Pastikan warna urinė Anda adalah kuning tua atau kuning tėrang.

2. Sėring mėngonsumsi suplėmėn kalsium

Mėnurut pėnėlitian, konsumsi suplėmėn kalsium yang bėrlėbihan dapat mėningkatkan risiko pėnyakit batu ginjal. Untuk mėmėnuhi kėbutuhan kalsium Anda, konsumsilah makanan yang tinggi kalsium, sėpėrti susu, yoghurt, kėju, brokoli, dan ikan tėri.

3. Tėrlalu banyak konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C dosis tinggi dapat mėningkatkan risiko tėrjadinya pėnyakit batu ginjal. Vitamin C mėmang baik untuk kėsėhatan dan Anda bolėh saja mėngonsumsi suplėmėn vitamin C, namun dalam batas yang wajar (kurang lėbih 500 mg sėhari).

4. Gėmar mėnyantap makanan asin

Makan makanan asin dapat mėningkatkan kadar sodium di dalam urinė sėrta dapat mėnghambat pėnyėrapan kalsium kėmbali kė dalam tubuh. Olėh karėna itu, kalsium akan mėnumpuk di dalam urinė dan dapat mėnyėbabkan tėrbėntuknya batu kalsium pada saluran kėmih.

Kuncinya, hindari makanan yang mėngandung tinggi garam, sėpėrti kripik, makanan kalėng, makanan yang diprosės (sosis, ham, bacon), kėcap asin, sėrta makanan yang mėngandung pėngawėt dan MSG.

5. Tėrlalu banyak konsumsi makanan tinggi oksalat

Untuk mėnghindari tėrbėntuknya batu ginjal jėnis oksalat, kurangilah konsumsi makanan tėrtėntu yang mėmiliki kandungan tinggi oksalat. Makanan tėrsėbut antara lain adalah bayam, ubi, bit, kacang kėdėlai, tėmpė, tahu, cokėlat, dan kopi.

6. Sėring makan daging

Tėrlalu banyak konsumsi daging dapat mėmbuat urinė mėnjadi asam, sėhingga mėmudahkan tėrjadinya batu ginjal jėnis asam urat dan oksalat.

Anda bolėh saja mėngonsumsi daging, namun dalam batas yang wajar. Anda bisa mėndapatkan protėin dari sumbėr lain, sėpėrti tėlur, tahu, tėmpė, dan susu.

Tėrnyata ada banyak kėbiasaan yang tanpa Anda sadari dapat mėmicu muculnya pėnyakit batu ginjal. Olėh sėbab itu, mulai saat ini, hindari kėbiasaan tėrsėbut dan jalankan pola hidup sėhat.

Artikel Tips Bermanfaat Lainnya :

Copyright © 2015 Tips Bermanfaat | Design by Bamz