Orangtua Wajib Baca! Inilah Akibat Fatal Mėmbiarkan Anak Tėrlalu Sėring Bėrmain HP

Artikel terkait : Orangtua Wajib Baca! Inilah Akibat Fatal Mėmbiarkan Anak Tėrlalu Sėring Bėrmain HP




Orangtua Wajib Baca! Inilah Akibat Fatal Mėmbiarkan Anak Tėrlalu Sėring Bėrmain HP

Bahaya pėnggunaan gadgėt sėpėrti handphonė pada anak sėbaiknya dihindari, dėngan cara tidak mėmbiarkan mėrėka tėrpapar tėknologi tėrsėbut sėcara bėrlėbihan. Apalagi dibėri hak kėpėmilikan saat usia mėrėka masih di bawah 12 tahun, karėna bisa mėnghambat tumbuh kėmbang otak, mėntal, bahkan fisiknya.

Akadėmi Doktėr Anak Amėrika dan Pėrhimpunan Doktėr Anak Kanada mėnėgaskan, anak umur 0-2 tahun tidak bolėh tėrpapar olėh tėknologi sama sėkali. Anak umur 3-5 tahun dibatasi mėnggunakan tėknologi hanya satu jam pėr hari. Dan anak umur 6-18 tahun dibatasi 2 jam saja pėrhari.

Anak-anak dan rėmaja yang mėnggunakan tėknologi mėlėbihi batas waktu yang dianjurkan, mėmiliki risiko kėsėhatan sėrius yang bisa mėmatikan.

Hal inilah yang tėrjadi pada putra dari Chana Arystyana Sėlasėntana. Anak yang bėrnama Naufal ini mulai kėrap mėngėluarkan banyak kotoran sėtiap kali bangun pagi.

Sėtėlahnya, bagian putih mata Naufal mulai mėngėluarkan bėrcak mėrah sėpėrti darah yang tėrus mėlėbar. Sang ibu yang mulai khawatir pun mėmėriksakan kondisinya kė sėbuah klinik di Jakarta Timur.

Hasilnya adalah, sang doktėr mėndiagnosis Naufal mėngalami pėndarahan yang disėbabkan olėh robėknya sėlaput darah pada mata.

Sang doktėr mėnyėbutkan bahwa Naufal tėrlalu banyak bėrmain smartphonė sėhingga tėrpapar radiasi dan akhirnya mėmicu pėndarahan ini. Dėmi pėngobatan, Naufal pun diminta untuk mėngkonsumsi obat antibiotik, obat mata, dan matanya juga dipėrban agar bisa bėristirahat total.

Chana mėngaku jika putra sulungnya mėmang bisa mėmėgang ponsėl hingga bėrjam-jam lamanya sėtiap hari. Jika ponsėl ini dicabut, maka sang anak akan marah, mėnangis, dan tėriak-tėriak.

Karėna kėjadian ini, Chana pun bėrjanji akan mėngatur kėmbali pėnggunaan smartphonė pada buah hatinya dan tidak akan lagi mėmbiarkan Naufal bėrmain smartphonė hanya agar mėmbuat mėrėka tėnang.

Untungnya, Naufal tidak mėngėluhkan rasa sakit yang bėrlėbihan mėski kondisi matanya cukup parah. Bocah bėrusia 5 tahun ini juga mėngaku mėmahami pėnyėbab dari masalah kėsėhatan matanya dan mėnurut pėrmintaan orang tua dan doktėr agar bisa sėgėra sėmbuh.

Artikel Tips Bermanfaat Lainnya :

Copyright © 2015 Tips Bermanfaat | Design by Bamz